Ungkapan Mutiara

Kita seperti teko, apa yang dikeluarkan maka seperti itulah di dalamnya. Maka berjanjilah untuk selalu membahagiakan orang lain, karena dengan begitu kita membahagiakan hidup kita sendiri (Rosa Rahmania))

Memberi sebanyak yang kita mampu, lalu kita akan menerima sebanyak yang kita butuhkan! InsyaAllah(Luluk Evi Syukur)

Ide-ide gila, butuh orang gila juga untuk mewujudkan semuanya. Demi bumi dan isinyam, baiklah. (Ana Falasthien Tahta Alfina)

Selagi sabar itu ada dalam diri maka selagi itu juga Allah akan mengujinya dan hanya mereka yang benar-benar sabar dapat dengan mudah mengatasi ujianNya (Luluk Evi Syukur)

Selepas ashar nanti Kutunggu di semenanjung hati, mendawai indahnya pelita, kala pelangi berbagi warna, selepas maghrib nanti, Kutunggu di ujung nadi, lantunkan kalam Illahi, hingga Isya hadir kembali (Khasanah Roudhatul Jannah)

Kawan, ingatlah dengan hidup ini, kadang kesusahan dalam mengarungi takdir membuat hidup kita di akhirat nanti menjadi lebih berkualitas. Dan Jangan lah berlebihan di kehidupan ini, karena takut-takut terasa hambar di akhirat nanti. So, Jadikanlah apapun itu tentang kehidupan, lalu rayakanlah dengan kesyukuran.(Adi Nurseha)

Memoar kehidupan yang tak berujung hingga kematian menjemput. Lantas sudah sampai di mana kisah kehidupan ditorehkan? (Luluk Evi Syukur)

Kau yang masih setia mengulum rindu, Kudendangkan senandung lagu merdu, Sebagai pengobat rindu di dada, Sebagai pelipur segala lara, Tersenyumlah sayang, Rindu ini pun masih terus membayang Untukmu duhai kekasih hati Sambutlah syahdunya nyanyian hati (Khasanah Roudhatul Jannah)

Jaga selalu hatimu (Rosa Rahmania)

Tak semua yang diinginkan dapat terwujud sesuai rencana. Pergi saat indah. Allah pasti punya rencana terindah dibalik semua ini. Hanya itu yang bisa menguatkanku saat ini (Yopi Megasari)

Kamis, 14 April 2011

Wanita Tangguh Apa Harus Tomboy?


“Ajari aku tuk jadi wanita tangguh
Mungkin terlalu lama aku telah bersembunyi
Menatap matahari pun aku tak mampu
Udara malam pun terlalu menusuk langkahku
Di persembunyian aku bernyanyi
Di persembunyian aku menari
Wanita tangguh…“

Masih ingat bukan dengan lagu tersebut? Ya meskipun saya edit sedikit liriknya :D Sebenarnya apa sih arti tangguh itu? Kita sering sekali mendengar kata tangguh dipakai orang untuk menyebut seorang pria yang bertubuh kekar seperti Ade Ray yang pandai menumbangkan lawan-lawannya dengan sekali pukulan. Desigggg….. Wiiih tangguh banget tuh cowo, Sambil mata melotot dan mulut menganga.

Ah tidak juga, tak selamanya tangguh berkaitan erat dengan otot tapi otak juga. Bukankah setiap permasalahan tak akan selesai hanya karena otot saja? Tapi perlu kematangan otak juga dalam mengatur strategi mencari jalan keluar secara bijak. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), tangguh dapat diartikan sebagai sukar dikalahkan (kuat), tidak lemah (pendirian), tabah dan tahan (menderita), serta kukuh.

Wanita tercipta sebagai makhluk yang sangat halus dan lembut perasaannya. Maka tak heran bila banyak anggapan bahwa wanita adalah makhluk yang lemah dibandingkan lelaki karena wanita lebih mengutamakan perasaannya daripada logikanya. Satu-satunya senjata wanita yang paling ampuh adalah menangis. Entah berapa ribu tetes air mata yang sering diteteskan sehari oleh wanita kala hatinya gundah dan lara. Benar ga ya? :D

Wanita identik dengan menangis dan mengeluh, tak jarang kita jumpai di status-status para wanita symbol seperti ;( -_- “_” dan symbol lainnya yang mengungkapkan bahwa dirinya sedang dirundung nestapa, tak terkecuali saya, hehehe.

Sedih itu ada sebagai pelengkap bahagia. Tak ada kesedihan bila tak ada bahagia. Bukankah Allah ciptakan alam semesta lengkap dengan isinya yang berpasang-pasangan?

Lantas apa hubungannya dengan ketomboyan ya? Hmm... Tomboy merupakan suatu sikap seorang wanita yang menyerupai lelaki, baik dari segi penampilan maupun perangainya. Terkadang tomboy banyak dipilih oleh sebagian wanita untuk menunjukkan bahwa dirinya bukanlah makhluk lemah. Tak ada istilah menangis dalam kamusnya, tak ada istilah mengeluh, atau aktivitas sebagainya yang dilakukan wanita pada umumnya. Ah sungguh meruginya dirimu andai memilih menjadi wanita tomboy. Padahal Islam sangat memuliakan wanita dan pundi-pundi pahala mudah sekali wanita raih meskipun dalam pandangan manusia apa yang dilakukan hanya amalan kecil. Dan alangkah meruginya dirimu andai terlalu memaksakan untuk membekukan air matamu seumur hidupmu. Air mata adalah nikmat tak ternilai dari-Nya yang juga harus dimanfaatkan.

Tangguh tak mesti mengubah jati dirimu menjadi seperti lelaki. Dan untuk bersikap lemah lembut, lelakipun tak perlu menjadi seperti wanita. Yang dilihat bukan wujudnya kan ya tapi amalannya. Jika dirimu ingin menjadi wanita tangguh, bercerminlah pada Ibumu. Dialah wanita tertangguh di dunia. Dan lihatlah apakah ia mengubah keanggunannya menjadi sebuah ketomboyan? Ga kan? Dia tetap menjadi wanita yang tangguh saat sembilan bulan harus membawa kita kemana-mana dan saat harus merawat kita saat lahir hingga sebesar ini. Belum lagi mengurus urusan yang lainnya. Atau membantu keuangan keluarga dengan bekerja sampingan. Ah sungguh ketangguhan itu tak selalu identik dengn kekuatan fisik semata, tapi kekuatan mental dan hati kita dalam menghadapi kehidupan ini. Mulailah bijak dalam meneteskan air mata, jangan keseringan dan jangan pula terlalu pelit. Menangislah jika dirimu tidak bisa menangis. Berarti ga normal tuh hehehe.

Yuk jadi wanita yang tangguh, yang tak mudah putus asa, dan tak gampang menangis hanya karena masalah yang masih bisa diselesaikan tanpa harus menitikkan air mata tanpa mengubah identitas kita sebagai makhluk Allah yang bernama wanita.

“Sesungguhnya kekuatan itu ada pada diri kita sendiri, namun terkadang kita yang tak mau menggalai potensi kekuatan itu hingga ia lama membeku dan hanya bisa bersemedi dalam tubuh kita”

Note: Teruntuk rekan-rekan semua yang sedang belajar menjadi wanita tangguh, terutama sebagai motivasi untuk diriku sendiri yang tengah proses menuju ketangguhan yang sesungguhnya ^_^
Semoga bermanfaat…

Oleh: Yopi Megasari (Profile)

Artikel yang berkaitan



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Karya Tulis

Refleksi 02 Mei 2011

Ini hanya bagiku, entah bagi yang lainnya. Setiap hari orang-orang science mempelajari banyak simbol, dari alfabet hingga numerik atau beragam bentuk yang memang sengaja diciptakan sedemikian rupa. Aku tahu simbol-simbol tersebut sengaja diciptakan untuk

Kisah Kehidupan

Demi Sebuah Amanah

Telah lama aku berdiri di sini, di antara keramaian dan hiruk-pikuk terminal Pulo Gadung. Namun tak satupun bus antar kota yang mau berhenti dan membawaku meninggalkan kebisingan ini. Hampir satu jam lebih aku di sini, tapi semua bus antar kota nampaknya penuh semua.

Sastra

Cinta Dalam Hati ( CIDAHA )

Kala cinta datang menggoda Memanggil dan mengetuk pintu hati Lalu singgah ke rumah jiwa Tanpa kata permisi Hhm... Terdengar begitu syahdu menyentuh kalbu Namun, jika ini benar cinta Jangan biarkan cintaku padaMu hilang di hati Perkenankanlah tuk selalu mencintaiMu

© 3 Columns Newspaper Copyright by Website Nathiq | Template by Blogger Templates | Blog Trick at Blog-HowToTricks